Aksi Nyata Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untuk Masyarakat Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang,Jawa Timur

ANGKASA (Aksi Pengabdian Kepada Masyaakat Desa) merupakan program kerja yang dilakukan sebagai bentuk pengabdian, tanggung jawab sosial, dan implementasi serta tindakan nyata dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi di lingkungan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 3-7 Januari 2024 dengan mengangkat tema “Serving Temporary Means Forever” dengan harapan memberikan edukasi dan dapat dirasakan dan bermanfaat bagi warga desa setempat. ANGKASA berfokus dalam mengembangkan potensi UMKM yang ada di Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur melalui kegiatan sosialisasi dan pelatihan UMKM, sehingga harapan kedepan agar masyarakat Desa Pandansari dapat secara mandiri dalam mengembangkan usaha UMKM nya.

Dalam mewujudkan rencana yang telah disusun, akan menggunakan metode Bottom-Up yaitu masyarakat desa menjadi pelaku utama untuk mengembangkan potensi yang dimilki oleh desanya sendiri, sedangkan mahasiswa berfungsi sebagai fasilitator. Kegiatan ini harapannya dapat mendukung tercapainya pilar no 9 SDGs, yaitu skema industri, inovasi dan infrastruktur.Kegiatan lain juga dilakukan, seperti sosialisasi lingkungan, sosialisasi kesehatan, mengajar anak SD, dan pembuatan sarana prasarana desa. Aktivitas sosial ini juga meningkatkan softskill mahasiswa serta mendukung pilar SDGs no. 3 dan 4, yaitu meningkatkan pendidikan dan kehidupan sehat sejahtera.